Labels

Monday 21 January 2013

.samsung lcd  32" model la 32r71b gambar blank
 
 
Lansung aja ke topik permasalahan:
Saya ada LCD TV merk Samsung 32" model LA32R71B Beli second hand 2 bulan yang lalu, waktu dipakai nonton tiba-tiba layar gelap, tetapi suara masih terdengar, setelah dicoba matikan, dan dihidupkan lagi, tetap gambar gelap dan suara ada (normal). setelah saya melakukan Check, bongkar Chasis, kondisi Blok PSU kebetulan Unit type ini Blok PSU & Inverter dalam 1 board type PSU: BN44-00143A. kodisi Blok PSU sepertinya sudah pernah dilakukan perbaikan antara lain Resistor-resistor Fuse sudah dijumper, Elco-elco sudah bukan aslinya lagi. tetapi setelah saya melakukan check output-output B+ pada PSU semua tegangan normal antara lain 13V, 5.4V, 12V, Stby 6.4V, PSU On/Off. tetapi rupanya Blok Inverter tidak ter-switch ON kemungkinan itu yang mengakibatkan Neon Backlight tidak nyala, saya sudah melakukan penggantian OptoCoupler PCI801 yaitu PC817, penggantian IC IQ1 IC KIA278R12 karena acuan saya untuk On/Off inverter signal dari mainboard tertuju ke IQ1 KIA278R12 dan ke arah Coupler PCI801 sedangkan signal On/Off dari mainboard ada yaitu sekitar 5V.


Apabila teman-teman para ahli punya saran apa yang harus saya lakukan selanjutnya, mohon pencerahannya, sebab untuk mengganti 1 module inverter yang sudah menyatu dengan module power supply ini pasti harganya selangit..

No comments: