Labels

Sunday 20 January 2013


 Kulkas toshiba nyala 5 jam tiba-tiba mati dan baru bisa start lagi kurang lebih 1 jam

.
Saya sedang memperbaiki kulkas toshiba model lama 1 pintu.
ketika di nyalakan kulkas berjalan normal tapi setelah kurang lebih 5 jam,kulkas mati dan baru berjalan normal setelah kurang lebih 1 jam.
yag mau saya tanyakan adalah Kira-kira letak kerusakannya di mana?
apakah di bagian thermostat ataukah terjadi kebuntuan di pipa?


solusi nya


ada 3 yan harus di perhatikan, maaf bukan mengguru-i hanya sedikit informasi saja.

1. Jika thermostat yang bermasalah

coba ukur dua kaki thermostat pada saat mati setelah mati 5 jam tadi, apa yang ter ukur ???

jika kedua kaki terminal diukur dengan ohm meter tdk nyambung berarti thermostat nya gangguan, bisa dibersihklan pipa sensornya, atau atur lagi sesnsitipitas nya, ataui yang lebih gampang ganti yang baru.

2. Jika terjadi kebuntuan pada pipa kapiler, ooh kalau ini agak ribet karena harus pasang nepel pentil, setelahmanometer terpasang apa yan gterjadi pada setelah lima jam mati, tekanannya tinggi, atau rendah men dekati vakum ????? disini akan terlihat jika mampet pipa kapiler, yang baik adalah pada saat hidup tekanan akan rendah jika mengukur pada sisi isap kompresor kemudioan jika kompresor mati tekanan akan cepat berangsur naik, jika mampet naiknya tekanananan lambat sekali,, mohon diperhatikan dimana anda memasang manomeeter, jika disisi tekan akan terjadi sebaliknya.



3. Motor kompresor juga bisa terjadi ada gangguan, setelah 5 jam terjadi over heating alias panas dan overload bekerja memutus, setelah 1 jam nyambung lagi, perhatikan arus pada motor kompresor apakah sesuai dengan besaran kompresor ??????? untuk mudahnya lihat di tabelpada kulkas tersebut biasanya ditulis berapa Amper ataui berapa watt,.

No comments: