Labels

Tuesday 22 January 2013


Komponen komponen menghubungkan komputer dengan internet

Perangkat keras dan Fungsinya, Internet adalah media yang saat ini sangat popular karena kemampuannya dalam memberikan informasi secara lebih cepat dan luas. Pengguna internet setiap hari dan setiap tahun juga semakin bertambah dan meningkat dratis. Tak hanya di indonesia saja, dinegara-negara berkembang lainnya pun pengguna internet semakin bertambah. Jika dulu internet hanya bisa kita nikmati dengan menggunakan PC, sekarang internet bisa dinikmati dimanapun dengan menggunakan perangkat mobile seperti Hp.
Untuk menikmati koneksi internet, ada beberapa perangkat yang harus kita miliki dan kita pasang di perangkat komputer kita. Tapi yang paling utama dalam memasang jaringan internet adalah kita sudah punya penyedia layanan internet terlebih dahulu. Jika sudah inilah perangkat yang harus kita miliki untuk menikmati internet.
  1. perangkat internetPerangkat Komputer - Perangkat komputer atau PC adic.blogspot.comalah hal utama yang harus kita miliki. PC sendiri bisa juga digantikan dengan laptop atau netbook. Perangkat inilah yang nanti kita gunakan untuk menjelajah atau berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, untuk kenyamanan dalam menjelajah internet, komputer yang kita gunakan harus punya spek yang bagus.
  2. perangkat internetModem - Modem adalah alat yang digunakan mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, dan memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem sendiri banyak sekali jenisnya, ada modem internal dan exsternal.
  3. perangkat internetJaringan Telphon Kabel - Jaringan telphon adalah hal penting yang harus kita miliki untuk mendapatkan koneksi internet. Karena ini adalah media yang akan menghubungkan antara perangkat komputer kita dengan jaringan internet di dunia. Tetapi sekarang untuk menikmati internet di rumah bisa juga tanpa menggunakan jaringan telphone
  4. perangkat internetKartu Jaringan  - Kartu jaringan atau LAN Card yaitu perangkat yang harus ada dalam komputer kita. Kartu jaringan dipasang di komputer apabila kita ingin komputer kita terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan local (LAN). Kartu jaringan memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.
  5. perangkat internetSwitch - Switch adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan kabel. Dengan alat ini, jaringan internet dari modem bisa kita sebar atau kita gunakan ke banyak PC atau komputer. Biasanya digunakan di warnet atau instalasi jaringan di perkantoran dengan jumlah PC yang banyak.
  6. perangkat internetBridge - Berige adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama atau sejenis. Dengan peragkat ini, maka sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain. Sangat membantu ketika kita memiliki 2 PC.
  7. perangkat internetRouter - Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda

No comments: