Labels

Saturday 23 March 2013

TV LG MATI STANDBAY

TV LG ULTRA SLIM MATI STENDBY

Pusing tuju keliling jika mendapati masalah tv mati stenby .itulah yang saya alami.Seharian ngoprasi tv lg ini gak ketemu penyakitnya.
Kata pemiliknya udah tiga bulan tvnya di servis sama servis lain,yang katanya rusak FBTnya dan di carikan gak ada yang jual katanya.
Permasalahan yang saya temukan setelah tv saya tes  ,lampu let nyala redup di sertai suara cit cit cit cit,seteah saya buka dan dari hasil identifikasi ternyata TR horisontalnya Shotd.dan biasanya shotdnya tr ini akibat putusnya Capasitor dumper yang menghubungkan Col dengan GND,ban ternyata benar saja (sudah menjadi penyakit cirihas tv lg kali ya)
Setela penggantian dua pemain tersebut yaitu TR hor C 6090 dan C 18 n 2000 v.tv pun coba saya nyalakan dan tv pun bias star dan gak bunyi cit cit cit lagi.
Namun baru beberapa detik tiba-tiba mak peeeeeeet…….tvnya mati lagi alias stenby
Coba tekan ch pada tv mau star tetapi selalu kembali stenby begitu seterusnya,coba ukur teg sana-sini semua normal.saya coba ganti aisi memori juga tidak membuahkan hasil.Beberapa elko yang saya curigai menjadi penyebab saya ganti ,hasilnya pun nihil.Dari hasil pengukuran komponen juga sepertinya gak ada masalah semua normal.
 Ahirnya pelacakan Saya hentikan .untuk istirahat karena aku udah cuuuaaaaaaaaaaapek dan puuuusing baget.dan waktupun udah sore.
Sambil istirahat coba coba Tanya ama mbah google,dan di salah satu blog saya temukan sebuah pencerahan dan keesokan harinya saya lanjutkan untuk melacak penyebab tv tersebut steby terus.
Dari pencerahan yang saya dapat dari mbah google semalam coba saya praktekan dan ternyata bener ,yaitu meng open kaki tengah pada Q16.
















Lalu tv saya coba nyalakan dan makbyaaaaaaaak !tv pun nyala normal dan gak stenby lagi.sampai empat jam tv tetap normal,terimakasih atas bantuanya semoga tetap sukses buat semua
Barang kali ada yng mau nambag memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan seperti di atas silahkan ……….

No comments: